Mengajak Anak Mengenal Daun Pandan

Hello kids, are you ready?
Yes we are ready!
Luruskan barisannya!
Hap!
Let’s go follow me!
Ok ok!

Suara anak-anak dari Sekolah Alam Cikeas terdengar bahagia. Lebih tepatnya siap bertualang di alam terbuka untuk mengenal beberapa tumbuhan yang beraroma tajam dan khas. Tidak perlu untuk pergi jauh karena sudah cukup untuk berkeliling di sekitar sekolah mereka. Bersama guru pembimbing, mereka berbaris dan bernyanyi.

Aba-aba guru pembimbing adalah acuannya. Tujuannya adalah mencari daun yang aromanya unik. Gak usah jauh-jauh, sehingga siapapun bisa melakukannya sendiri-sendiri. Bisa di dekat rumah, di kebun belakang rumah, atau di sekitar sekolah. Setelah berjalan-jalan akhirnya mereka menemukan daun yang beraroma unik.

Guru pembimbing pun bertanya, “Bagian tubuh yang mana, kita dapat mencium bermacam-macam aroma?” Dan anak-anak pun menjawab kompak dan kencang, “Hiduuung!” Nah, dengan hidung itulah anak-anak mengenduskan pada tumbuh-tumbuhan yang dilewatinya. Hingga kemudian berhenti pada tumbuhan yang daunnya runcing.

Itulah pandan. Daunnya memiliki bentuk panjang meruncing dan siapapun harus berhati-hati memegang ujung daunnya karena terdapat duri-duri kecil. Nah, tanaman pandan begitu banyak sekali di Sekolah Alam Cikeas. Aroma daun pandan begitu khas dan wangi. Oleh karena itulah bisa dimanfaatkan untuk pewangi makanan

Tidak hanya pewangi, pandan juga bisa dijadikan pewarna makanan karena warga hijaunya begitu alami dan tidak menimbulkan efek samping. Tanaman lain yang beraroma khas adalah Zodia. Zodia adalah tumbuhan dari suku jeruk-jerukan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengusir serangga dan nyamuk.

Ada juga tanaman beraroma yang sangat mirip dengan rumput, yaitu tanaman sereh. Sereh biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi aroma tanamannya juga sama seperti Zodia, yaitu tidak disukai oleh nyamuk. Lalu, tanaman apa yang ada di sekitar rumahmu atau lingkungan tempat tinggalmu yang kamu sukai aromanya?[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195