Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Daun Pandan

Olahraga memang penting tetapi jauh lebih penting lagi adalah memastikan kesehatan tubuh sendiri sebelum berolahraga. Tubuh yang sehat akan lebih enak jika dibuat berolahraga, amat berbeda jika tubuh sedang tidak sehat. Nah, tahu nggak kalau daun pandan itu tidak hanya digunakan untuk memberikan aroma sedap pada masakan?

Aroma sedap memang penting, tetapi warna cantik juga begitu berpengaruh. Daun pandan pun bisa memberikan warna hijau yang cantik pada makanan. Warnanya benar-benar alami. Seorang peneliti juga menemukan ada senyawa dalam daun pandan yang bisa menurunkan masalah tekanan darah tinggi, apalagi kalau dikonsumsi setiap hari.

Caranya bagaimana? Bisa dengan cara menambahkan daun pandan saat menanak nasi. Selain membuat nasi menjadi lebih wangi dan pulen, nasi yang disantap otomatis akan mengandung senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, olahraga bisa sebagai penyeimbangnya untuk menghindari stres.

Baca : 11 Manfaat Kesehatan dari Daun Pandan

Darah tinggi memang bisa disebabkan oleh obesitas, makanan, usia, dan gaya hidup yang tidak sehat. Nah, jika beberapa orang berusaha menghindari penyakit tertentu dengan menghindari nasi, tidak salahnya mencoba nasi daun pandan. Manfaat ini juga setara dengan merebus 3 gram daun pandan dan merebusnya hingga menyusut jadi 1 gelas air.

Ekstrak air akar dan daun pandan itu memiliki efek apoptosis, sitotoksik, antimitotik, dan antiproliferatif. Semua senyawa itu merupakan obat herbal anti kanker yang ampuh untuk melawan racun yang menyebabkan timbulnya kanker. Cara membuat nasi daun pandan adalah dengan memasukkan 1 lembar daun pandan yang dipotong menjadi 2 ke dalam beras yang sudah diisi air dan siap dimasak.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195