Makanan Tradisional Berdaun Pandan

Daun pandan memiliki aroma khas yang bisa membuat sajian makanan menjadi lebih menggugah selera. Terlebih warna hijau asli yang dihasilkan membuat tampilan kue menjadi kian menarik. Penggunaan daun pandan pada makanan sendiri juga terbilang mudah, cukup direbus untuk diambil sarinya saja lalu campurkan pada bahan masakan.

Sebelumnya di sini pernah membahas tentang Awug dan bagaimana cara pengolahannya. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana daun pandan biasa digunakan sebagai campuran dalam sajian kue-kue basah seperti mochi pandan, ketan srikaya, nasi hijau, ayam bungkus daun pandan, dan es teh manis pandan. Penasaran, kan?

(1) Ketan Srikaya

Kue satu ini terkenal bercita rasa legit ketan yang dimakan bersama srikaya. Biasanya srikaya sendiri terbuat dari campuran telur, daun pandan, gula, tepung beras dan santan. Bahan-bahannya membuat srikaya menghasilkan cita rasa manis, lembut, kenyal dan sedikit gurih dari santannya ketika dimakan.

(2) Ayam Bungkus Daun Pandan

Selain kue dan nasi, ayam juga bisa kamu kreasikan dengan daun pandan, lho. Sajian satu ini menjadi salah satu makanan khas di Thailand. Di negara asalnya, lauk tersebut dikenal dengan nama gai hor bai toey. Cara membuatnya adalah dengan membungkus simpul potongan ayam yang sudah dimarinasi atau diungkep lalu goreng bersama daun pandan hingga matang.

(3) Nasi Hijau

Jika bosan dengan sajian nasi yang itu-itu saja, kamu juga bisa coba buat nasi hijau di rumah. Caranya, campurkan beras yang sudah dicuci bersih dengan irisan serai, santan kental, pasta pandan, daun salam, dan garam. Kemudian masak menggunakan rice cooker hingga matang. Sajian nasi hijau ini juga bisa jadi alternatif nasi tumpeng.

(4) Mochi Pandan

Kreasi makanan pertama yang bisa kamu coba adalah membuat mochi pandan. Camilan kenyal asal Jepang ini biasanya berwarna putih dengan isian bubuk kacang yang sudah disangrai. Agar berbeda, coba cara lain dengan memasukkan pasta pandan ke dalam adonan mochi hingga rata atau kalis. Lalu, bentuk adonan mochi dan beri isian bubuk kacang tanah atau pasta kacang merah.

(5) Es Teh Manis Pandan

Agar semakin lengkap kreasi makanan berbahan dasar daun pandan buatanmu, nggak ada salahnya untuk membuat minumannya juga. Nah, untuk minuman segarnya kamu bisa membuat es teh manis pandan yang nikmat disajikan saat udara panas. Tinggal siapkan air, teh, gula, daun pandan, dan es batu. Bisa ditambahkan buah leci kalengan agar semakin nikmat.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195