Rasa Istimewa Susu Lembang

Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekira 22 kilometer dari ibukota Kabupaten Bandung Barat ke arah timur laut melalui Cisarua. Pusat pemerintahannya berada di Desa Lembang. Lembang sudah terkenal sebagai tujuan wisata di Jawa Barat.

Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, pekerja sektor informal (buruh, pengemudi, dan sebagainya). Potensi alam yang baik menjadikan Lembang menjadi pusat pendidikan dan penelitian untuk pertanian dan peternakan, diantaranya: Balitsa, BIB Lembang, BBTP-SP, dll.

Ribuan peternak sapi di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat mengandalkan usaha budidaya sapi perah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Terutama untuk keperluan komersial, para peternak bergabung dalam koperasi. Koperasi ini kemudian yang bekerja sama dengan perusahaan penampung susu.

Para peternak sapi di Lembang itu membentuk Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU). Kini anggotanya mencapai sekitar 5500 peternak. Mereka juga berhimpun di dalam Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Barat yang memiliki tujuan untuk memajukan usaha persusuan baik di tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Ya, Lembang merupakan daerah penghasil susu yang cukup terkenal. Metode pemerahannya ada yang masih tradisional dan ada juga yang sudah modern seperti yang dilakukan di sebuah perternakan susu dengan nama Dairy Village atau biasa disebut Rumah Susu. Teknologi modern ini mampu meningkatkan produksi susu.

Dengan teknologi ini, sapi-sapi yang tadinya hanya menghasilkan susu sebanyak 10-12,5 liter, bisa bertambah menjadi 15-20 liter per harinya. Di sana, sapi-sapinya diberikan perawatan khusus agar bisa menghasilkan susu yang berkualitas tinggi. Misalnya saja pemisahan kandang untuk sapi yang sedang hamil.

Pemisahan ini juga berlaku untuk sapi yang baru lahir, sapi ukuran sedang, dan sapi dewasa. Ruang pemerahan susu juga telah menggunakan alat canggih dan terdapat cooling unit agar susu yang sudah diperah tidak mudah rusak dan basi. Itulah mengapa produk Susu Lembang begitu terkenal dan enak.

Tahukah kamu bahwa susu dapat mengurangi stres? Kandungan protein dan kasein hidrolisat (laktium) pada susu dapat mengurangi tekanan darah dan hormon yang menyebabkan ketegangan dalam tubuh. Susu juga mengandung Vitamin D yang dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonim yang berfungsi sebagai mood booster dan memperbaiki kualitas tidur.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195