Makanlah Pisang Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Tahukah kamu, kalau berolahraga itu tidak boleh dilakukan dengan perut kosong. Seorang pakar mengatakan agar manfaat olahraga maksimal, ada beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi sebelum olahraga. Nah, kira-kira makanan apa saja yang layak dan harus dikonsumsi sebelum berolahraga?

Jordan Mazur, R.D, pakar gizi dan nutrisi dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa makanan dengan karbohidrat kompleks baik dimakan sebelum olahraga. Selain sumber energi tubuh, karbohidrat juga mudah dicerna. Pisang merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi sebelum olahraga.

Hanya itu saja? Tentu tidak. Selain mengandung karbohidrat, pisang juga tinggi kandungan potasium yang baik untuk otot. “Pisang adalah power bar alami yang dihasilkan bumi. Tinggi karbohidrat dan potasium, pisang sangat cocok dikonsumsi sebelum olahraga,” ujar Jordan, dikutip dari Men’s Journal.

Hal senada juga diungkapkan oleh David Nieman, Direktur Appalachian State University Human Performance Laboratory. Menurutnya, pisang lebih baik dikonsumsi daripada minuman olahraga atau minuman berelektrolit. Memang, minuman olahraga/elektrolit mengandung gula yang dimaksudkan untuk menjadi sumber energi.

Namun percayalah bahwa pisang juga memiliki gula. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung mineral lain seperti potasium dan vitamin C. “Pisang pun memperbanyak produksi dopamin di otak, membuat rasa puas usai olahraga semakin besar, dan olahraga dilakukan dengna lebih senang,” lanjut David, dikutip dari Shape.

Setelah olahraga, tubuh terasa lelah dan tentu saja butuh asupan untuk menggantikan energi yang hilang. Nah, makanan yang disarankan lagi-lagi adalah pisang. Buah ini bahkan disebut-sebut sebagai sahabat para atlet karena kandungan nutrisinya yang luar biasa, salah satunya adalah adanya gula alami.

Sebuah pisang mengandung 25% gula alami yang dibutuhkan untuk menambah energi dan daya tahan tubuh setelah kamu kelelahan berolahraga, tanpa membuat berat badan meningkat. Pisang juga mengandung potasium, elektrolit yang berguna untuk menjaga organ-organ tubuh bekerja dengan baik, mencegah dan meredakan kram otot.

Pisang pun kaya akan kalium, yaitu elektrolit yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan meningkatkan fungsi jantung. Kalium juga membantu otot-otot terhindar dari rasa nyeri dan kram setelah berolahraga. Satu buah pisang mengandung sekitar 500 mg kalium.

Pisang kaya akan antioksidan dan multivitamin yang bisa mempercepat regenerasi sel-sel tubuh dan melawan infeksi. Pisang pun kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam satu pisang, terkandung sekitar 4 gram serat. Pisang juga mengandung mangan, yang bermanfaat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195