Tips dan Trik Agar Pisang Cepat Berbuah

Di rumah atau di kebun sendiri mungkin ada tanaman pisang. Akan tetapi kalau diperhatikan, pohonnya susah sekali ya untuk berbuah. Pernah mengalaminya kah? Sebenarnya ada cara agar pohon pisang bisa berbuah dengan baik. Pertanyaannya apakah bisa dengan cara dicangkok, disambung, atau distek?

Tidak. Ada metode lain yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan buah pada tanaman. Imam Rosyadi, alumni Jurusan Pertanian FPP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil membuktikan bahwa teknik pelubangan batang bisa menumbuhkan bakal buah lebih cepat dari pohon pisang biasa.

Inspirasinya berasal sebuah postingan di media sosial tentang teknik pengembangan tanaman dengan cara pelubangan yang dilakukan orang luar negeri. Di Indonesia sendiri, setahunya belum pernah ada yang mencobanya. Maka ia pun mengimplementasikannya pada sebuah pohon pisang ambon di kebun Pertanian FPP, UMM.

Meski ia putus asa di tiga minggu pertama karena tidak ada tanda-tanda muncul bunga, tetapi setelah satu setengah bulan ia terkejut. Pada batang yang dilubanginya, sudah terdapat ontong pisang sepanjang 40 cm. Percobaan itu kemudian dikembangkan lagi pada 4 pohon pisang liar di lahan UMM tersebut, dan berhasil.

Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, singkirkan daun-daun dan pelepah pisang yang sudah tua dan mengering.
  2. Buat lubang dengan ukuran sekitar 8 x 20 cm pada batang pisang. Lubang dibuat tepat di tengah-tengah pohon. Lubang yang dibuat harus cukup dalam sampai hati pohon pisang terlihat.
  3. Setelah dilubangi, tanaman harus dipantau selama 4-5 hari karena pertumbuhan hati pisang sangat cepat.
  4. Jika hati pisang sudah terlihat tumbuh, bengkokkan hati pisang keluar lubang. Jika perlu sisipkan kayu atau papan triplek di atas hati pisang untuk mencegahnya tumbuh ke atas.
  5. Tunggu sampai bunga pisang berubah menjadi bakal buah kecil yang berwarna hijau. Bagian putih-putih pada bakal pisang harus dibuang agar tidak menguras cadangan makanan pada buah.
  6. Bakal buah ini harus dibungkus dengan karung beras (plastik).
  7. Tidak perlu melakukan perawatan khusus. Lakukan perawatan normal seperti menyiram dan membersihkan daun dan pelepah kering.

Dengan metode seperti ini, pisang bisa dipersingkat waktu berbuahnya. Soal memetik buah pisang juga tidak akan rumit karena buah pisang muncul di bagian tengah pohon yang relatif bisa dijangkau. Jadi, sudah siap kan untuk memanen buah pisang lebih banyak lagi?[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195