Rasa Istimewa Kopi Bogor

Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak 59 kilometer sebelah selatan Jakarta. Bogor dikenal dengan julukan kota hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor saat ini dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional dengan didirikannya Kampus IPB.

Oleh karena itulah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Tak heran kalau salah satu ikon pertaniannya begitu banyak, dua diantaranya adalah kopi dan talas. Sedangkan tempat wisata yang begitu terkenal adalah Kebun Raya Bogor dan Puncak dengan hamparan perkembunan tehnya.

Kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu udara rata-rata setiap bulannya adalah 26 °C dan kelembapan udaranya kurang lebih 70%. Oya, kata ‘bogor’ ternyata berasal dari salah satu tumbuhan bernama ‘enau’

Kabupaten Bogor diklaim sebagai penghasil kopi terbesar di Jawa Barat untuk jenis robusta. Hasil produksinya bisa mencapai 2.844.528 kilogram per tahun. Meski demikian Dinas Pertanian berusaha menggenjot produksinya dari 750-800 kilogram per hektare menjadi 1.500-2.000 kilogram per hektare.

Menurut penilaian para ahli, kopi asal Kabupaten Bogor memiliki nuansa rasa buah dan karamel yang khas. Kecamatan Sukamakmur menjadi wilayah penghasil kopi jenis arabika terbesar di Kabupaten Bogor dengan hasil produksi 89.676 kilogram per tahun. Sedangkan wilayah penghasil kopi robusta banyak terdapat di Kecamatan Tanjungsari.

Kopi asal Sukamakmur, Cariu, dan Tanjungsari telah mendapatkan penilaian dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, yaitu 82,75 dengan catatan cita rasa acidy, caramelly, spicy, dan chocolat. Sedangkan kopi Tanjungsari mendapat skor 80,175 dengan catatan cita rasa nutty, soy bean, caramelly, mild, dan rether.

Ada perbedaan mendasar antara kopi robusta dan arabica. Kalau robusta memiliki ukuran yang lebih kecil dan berbentuk bulat, sedangkan arabica memiliki ukuran yang lebih besar dan berbentuk bulat lonjong. Dari segi rasa juga berbeda, kopi arabica memiliki aroma yang lebih wangi sehingga membuatnya lebih mahal dari pada kopi robusta.

Kopi memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan (dengan adanya zat klorogenat dan kafein), mencegah diabetes, mengurangi tingkat stres dan depresi, meningkatkan metabolisme dalam tubuh, meningkatkan daya ingat, meredakan sakit kepala, dan mencegah kanker kulit.

Kopi juga dapat menambah antioksidan dalam tubuh, memperkuat tulang (dengan adanya kalsium), meningkatkan produktivitas karena kafeinnya, mengecilkan pori-pori wajah, mengatasi wajah berminyak dan wajah kusam, meningkatkan stamina dan performa, membuat otak lebih cerdas, dan terhindar dari penyakit stroke.

Dengan rasa dan aroma kopinya yang begitu terasa, ditambah dengan parutan keju tebal dan juga krim susu di atasnya, Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Kopi Bogor dijamin begitu istimewa. Bolu kukusnya terdiri atas 3 lapisan, dimana pada lapisan atas dan bawahnya berwarna coklat muda sedangkan lapisan tengahnya putih gading.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195