Mangga Indramayu dan Kacang Ijo Melengkapi Siliwangi Bolu Kukus

Indramayu sudah terkenal dengan julukan sebagai Kota Mangga. Ya, meskipun buah Mangga tumbuh subur di seluruh Indonesia, tetapi kepopuleran Mangga Indramayu ini di atas rata-rata. Selain melimpah, buah Mangga atau pelem (bahasa Indramayu) dari daerah ini rasanya begitu unggul.

Keunggulannya sudah tidak diragukan lagi, dan bahkan sudah diakui oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Beliau dikabarkan selalu konsisten menikmati mangga Indramayu, dengan jalan mengutus anak buahnya untuk datang langsung membeli buah mangga ke Desa Sukawera, Indramayu.

Mangga yang dimaksud adalah Mangga Cengkir yang memang tumbuh lebat di Desa Sukawera kala itu. Selain Cengkir, mangga khas Indramayu yang menjadi unggulan adalah Arumanis/Harumanis dan Gedong Gincu. Tidak heran kalau ada anekdot bahwa “Buah Mangga yang enak ya Mangga Indramayu”.

Dalam catatan di atas lontar yang ditemukan pada abad ke-18 tertulis, “Punika péling titiyang wewengkoné suramarta dusun légok gunging … pelem kawan dasa kakali.” Maksudnya, “Ini catatan jumlah penduduk di Suramarta Dusun Legok adalah … Pelem/Mangga 42 pohon.”

Mangga sudah diketahui banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Apalagi dalam kondisi seperti wabah pandemi saat ini, kita harus lebih memperhatikan daya tahan tubuh kita agar bakteri dan virus tidak mudah menyerang. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjaga pola makan dan kebersihan.

Pola makan yang dimaksud adalah dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan dan vitamin. Mengonsumsi buah mangga dapat mencegah kanker, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan anemia, dan mengatasai obesitas.

Buah ini aman dikonsumsi untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan banyak pula olahan makanan dengan kandungan buah mangga dan sehat. Salah satunya adalah Siliwangi Bolu Kukus. Dengan adanya varian rasa Mangga Indramayu, tentu akan melengkapi pola makan yang sehat.

Begitu pula dengan kacang hijau yang tumbuh subur di daratan tropika. Bayangkan saja, dengan meletakkan kacang hijau di atas kapas yang berair, tunas atau kecambahnya sudah dapat tumbuh dengan baik. Inilah kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat sebagai sumber pangan berprotein tinggi.

Selain sumber protein yang sangat baik, kacang hijau juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan banyak serat serta antioksidan. Otomatis kacang hijau bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pas banget pada masa wabah pandemi seperti saat ini.

Ingat lho kalau kekebalan tubuh menjadi benteng utama untuk menjaga kesehatan kita. Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kandungan 73% asam lemah tak jenuh yang tinggi juga begitu penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Tak heran kalau kacang hijau sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah. Multi protein di dalamnya pun berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh.

Oleh karena itulah kacang hijau banyak dijadikan bahan dasar bagi makanan tradisional Indonesia seperti onde-onde, bakpia, bakpau, atau gandas turi. Dan sekarang, Siliwangi Bolu Kukus juga memiliki varian baru Kacang Ijo. Bersama varian Mangga Indramayu, keduanya akan diluncurkan saat pembukaan Store Baru di Cikaret Cibinong pada hari Minggu, 26 Juni 2020.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195