Seorang Siswa Menulis di Daun Pisang

Pohon pisang adalah tumbuhan yang semua bagiannya bermanfaat bagi manusia. Pisang tidak hanya bermanfaat bukan dari buahnya saja yang enak dimakan. Jantungnya bisa dijadikan sayur dan batangnya bisa dijadikan alat mainan tradisional. Daun pisangnya pun ternyata tidak hanya dijadikan pembungkus makanan.

Seorang guru menulis status di media sosial tertanggal 18 November 2019. Ia menceritakan bahwa dalam kegiatan rutin di kelasnya, meminta para siswanya untuk menulis apa yang sudah ditulisnya di papan tulis di buku catatan masing-masing. Pada saat berkeliling, ia melihat salah seorang siswanya menulis di daun pisang!

Ya benar, ia menulis daun pisang. Setelah diselidiki, ternyata siswa yang bernama Erlande Monter itu terpaksa menulis di daun pisang karena tak mampu membeli buku catatan. Kejadian itu berlangsung di Lianga National Comprehensive School, Filipina. Erlande sendiri memang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi rendah.

Erlande tidak malu mencatat pelajaran di kelas di atas daun pisang karena memang keluarganya tak sanggup membelikannya buku tulis. Kisahnya pun menjadi viral usai dibagikan oleh sang guru, Arcilyn Balbin Azarcon Lpt. Statusnya tersebut telah dibagikan lebih dari lima ribu kali sejak diunggah.

Respons dari warganet pun berdatangan. “Aku ingin membantu anak ini. Bagaimana caraku menghubunginya?” ujar Junalie Cerias Dayao. “Aku ingin membantu anak ini. Tolong kirimkan aku nama lengkapnya atau nama keluarganya agar aku bisa mentransfer sejumlah uang, terima kasih,” tambah Estrella Marasigan Santos Champlin.

Mengutip dari The Filipino Times, kisah Erlande yang viral berhasil menarik perhatian dunia. Ia bahkan menerima beasiswa dari seorang pendeta di Kanada. Selain itu, sumbangan berupa bantuan alat tulis dan kebutuhan pendidikan lainnya juga didapatkan Erlande dari para warganet.[]

Instagram Kami