9 Pisang Paling Populer di Indonesia

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Saat ini pisang sudah menjadi buah paling favorit dan murah meriah untuk dikonsumsi.

Sudah tahu belum sih kalau indonesia memiliki banyak jenis pisang? Ya, buah yang visualnya begitu khas ini, dengan warna umum kuning, begitu disukai karena rasanya yang lembut dan enak. Di Indonesia, pisang pun begitu banyak ragamnya. Nah, inilah 9 pisang paling populer di Indonesia.

Pisang Raja
Jenis pisang ini memiliki ukuran sedang dengan karakteristik kulit buah yang tebal dan kasar. Pisang Raja memiliki rasa yang manis, legit, dan mengeluarkan aroma yang harum. Buah matangnya bewarna kuning jingga. Pisang Raja dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit maag, menurunkan berat badan, dan sumber energi tubuh.

Pisang Ambon
Pisang ini adalah pisang asli Indonesia dan tentu saja paling mudah dijumpai karena banyak dijual di pasar tradisional atau toko modern. Pisang ini memiliki tekstur kulit yang berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi kuning ketika sudah matang, daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang manis dan tidak berbiji.

Pisang Barangan
Jenis pisang ini banyak dibudidayakan di wilayah Sumatera Utara, sehingga tak heran banyak yang menjulukinya sebagai Pisang Medan atau Medan Barangan. Pisang ini mempunyai cita rasa dan aroma tersendiri, dan memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengobati sakit perut, baik disebabkan oleh kembung maupun diare.

Pisang Nangka
Jenis pisang ini memang terbilang unik karena mempunyai aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka. Meski kulitnya berwarna hijau tetapi dalamnya sudah matang. Daging buahnya memiliki tekstur agak keras sehingga harus diolah terlebih dahulu. Jenis pisang ini dapat diproses menjadi keripik, tepung, hingga cuka.

Pisang Mas
Pisang Mas merupakan jenis pisang yang berukuran kecil dan berwarna kuning polos tanpa bintik-bintik. Kulit pisang ini agak tebal dengan daging buah yang manis dan lembut, jenis pisang ini cocok dimakan langsung. Pohon pisang ini cenderung lebih pendek dibandingkan dengan pohon pisang lainnya.

Pisang Susu
Pisang Susu dikenal sebagai pisang diet karena sangat familiar dan sering digunakan oleh masyarakat yang menjalankan program diet. Rasanya manis dan legit, cocok untuk anak-anak. Kandungan vitamin D dan magnesiumnya sangat baik bagi pertumbuhan balita. Ukurannya lebih kecil dan terlihat sangat imut.

Pisang Kepok
Pisang ini berbentuk agak gepeng dan bersegi. Ukurannya kecil dengan kulit sangat tebal, memiliki daging buah dengan tekstur yang kenyal dan pulen saat dimakan. Hanya saja pisang ini harus diolah sebelum dimakan, biasanya Pisang Kepok disajikan dengan cara direbus atau digoreng.

Pisang Cavendish
Pisang ini berwarna kuning dengan kulit tipis yang bersih dan mulus, bentuknya yang lonjong ramping, dengan daging buah yang tebal dan tekstur buahnya lembut. Pisang Cavendish cocok banget untuk langsung dimakan ataupun untuk dijadikan bahan membuat kue.

Pisang Tanduk
Pisang tanduk dikenal memiliki bentuk panjang melengkung laksana tanduk. Ukurannya terbilang paling panjang di antara semua jenis pisang lainnya. Pisang ini termasuk pisang olahan karena daging buahnya yang keras, sehingga harus diolah terlebih dahulu sebelum memakannya.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195