11 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Pohon pandan begitu mudah ditanam dan dikembangbiakkan. Tidak heran kalau banyak masyarakat yang menanamnya di halaman rumah. Tanaman ini memang tumbuh di daerah tropis dan dikenal karena aromanya yang khas, perpaduan vanila dan almond, sehingga sering digunakan masyarakat untuk pengharum masakan.

Selain sebagai pengharum seperti di bubur kacang ijo atau kolak, daun pandan juga sering digunakan sebagai herbal untuk berbagai terapi pengobatan. Ia begitu kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya saja mengandung zat polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, dan alkaloid.

  1. Meredakan Tekanan Darah Tinggi. Gejala hipertensi bisa dicek kalau seseorang merasakan sakit kepala dan kelelahan. Kalau tidak ditanggulangi, hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung dan strok. Nah, cobalah membuat rebusan daun pandan dengan merebus 10 gram daun pandan dengan dua gelas air.
  2. Mengatasi Diabetes. Daun pandan bisa lho dijadikan sebagai pengganti gula dalam masakan karena daun ini akan membuat masakan terasa semakin segar dan gurih. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin karena dipercaya dapat membantu tubuh meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas.
  3. Meredakan Nyeri Persendian atau Rematik, yaitu dengan cara memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Kemudian tiriskan, dan setelah dingin oleskan daun pandan pada titik sendi yang nyeri. Minyak ini kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi.
  4. Meningkatkan Nafsu Makan, yaitu dengan cara merebus tiga gelas air bersama tiga potong daun pandan. Hentikan proses perebusan ketika air sudah tersisa sekira satu cangkir. Tiriskan beberapa saat, lalu minumlah air rebusan tersebut. Lakukan sebanyak dua kali sehari agar mendapatkan hasil maksimal.
  5. Menghilangkan Ketombe yang muncul karena kulit kepala berminyak, stres atau mungkin sering menggunakan produk sampo yang tidak sesuai. Cara menghilangkan ketombe adalah dengan menghaluskan sepuluh lembar daun pandan kering dan campur dengan air hingga berbentuk pasta. Pijat kepala dengan pasta ini.
  6. Sebagai Terapi Kanker karena ekstrak daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Lalu caranya bagaimana? Cukup dengan mengolah daun pandan menjadi minuman teh. Konsumsi teh daun pandan dua kali sehari dipercaya menangkal racun dan menghambat perkembangan sel kanker.
  7. Meredakan Nyeri, terutama pada kepala, telinga, atau radang persendian seperti yang dijelaskan pada poin ketiga. Caranya adalah meminum daun teh pandan sebanyak dua kali sehari. Ramuan ini juga dipercaya dapat membantu proses pemulihan wanita setelah melahirkan dan mengurangi rasa nyeri saat kram perut.
  8. Mengatasi Insomnia, yaitu dengan membuat tubuh lebih rileks. Zat yang berperan adalah senyawa alkaloid. Bagaimana caranya? Minum air rebusan daun pandan sebanyak dua kali sehari dan untuk menambah rasa bisa dengan menambahkan satu sendok teh madu. Lakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga.
  9. Mengatasi Lemah Syahwat pada Pria atau yang biasa disebut dengan impotensi. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Akan tetapi, imbangi juga dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup, makan asupan makanan yang sehat, dan jangan merokok.
  10. Perawatan Kulit karena daun pandan mengandung asam tanik yang mampu memberikan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan. Oleh karena itulah di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya.
  11. Menjaga Kesehatan Mulut, yaitu dengan cara mengunyah daun pandan. Cara ini dipercaya dapat menghentikan gusi berdarah. Perlu digarisbawahi, jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena bisa menimbulkan diare. Efek lainnya adalah dapat menyegarkan napas karena aromanya yang wangi.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195