Rasa Istimewa Stroberi Ciwidey

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung yang berjarak 50 kilometer. Ciwidey memiliki banyak tempat wisata yang begitu cantik dan alami, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, dan perkebunan teh Rancabali.

Penduduk Ciwidey sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan pedagang. Sama dengan Lembang, peternak di Ciwidey dan Pangalengan juga bergabung dengan Koperasi Peternak Sapi Bandung Selatan (KPBS) yang produk susunya juga terkenal. Sedangkan di bidang pertanian, produk yang terkenal adalah stroberi.

Industri stroberi ini begitu luas, mencakup petani, pembuat makanan olahan stroberi, dan distributornya. Buah stroberi tidak hanya bisa dimakan secara mentah tetapi juga bisa dijadikan menjadi berbagai produk olahan seperti jus stroberi, kerupuk stroberi, karamel susu stroberi, dodol stroberi, sirup stroberi, es krim, dan selai stroberi.

Ini industri besar dengan perkiraan panen mencapai hingga 81 ton per bulan. Buah stroberi segar dapat dibeli di lokasi dengan harga Rp12.000 – Rp15.000. Buah stroberi mudah busuk dan hanya dapat bertahan 4 hari jika dimasukkan ke dalam lemari es. Kalau disimpan di freezer, buah ini dapat bertahan sampai 1 bulan.

Manfaat stroberi bagi kesehatan begitu banyak, misalnya saja mengurangi kadar kolesterol, vitamin C yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak, dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih, hingga mencegah kulit keriput. Buah ini juga bisa digunakan untuk kesehatan mata dan jantung.

Itulah mengapa Siliwangi Bolu Kukus (SBK) juga menyediakan varian rasa Stroberi Ciwidey karena rasanya begitu cocok dipadupadankan dengan bolu kukus. Biji-biji yang mirip dengan biji stroberi pada produk SBK adalah biji selasih yang bermanfaat untuk sirkulasi darah, mengecilkan perut buncit, dan menurunkan kadar gula dalam darah.[]

Instagram Kami

Cannot call API for app 380204239234502 on behalf of user 10221776974839195